Selasa, 18 Desember 2007

Jangan nodai alam, tapi cintailah alam...

Akhir-akhir ini terdengar banyak kejadian yang menimpa Indonesia,,,hampir tiap hari tidak pernah luput dari pemberitaan,,seakan-akan kita merasakan bahwa kiamat sudah dekat...Sedih hati kita melihat alam Indonesia yang begitu luas dan kaya, makin habis dan rusak. Bencana alam terjadi dimana-mana, meninggalkan sejuta tangis, derita, dan kenangan pahit bagi anak cucu kita...Lingkungan menjadi tidak bersahabat lagi. Orang begitu cemas dengan bencana alam, apalagi melihat dan mengingat bencana Tsunami di Aceh yang meninggalkan berjuta tangis dan derita berkepanjangan hingga kini. Lebih besar lagi penderitaan yang dialami bangsa ini,,sebut saja Banjir yang meluluh lantahkan sebagian kota besar di Indonesia,,gempa bumi , kebakaran hutan, gunung -gunung aktif yang dicurigai akan meletus. Datangnya bencana sangat memberikan pengaruh yang besar buat kita semua sebut saja kelaparan,,terjangkitnya penyakit yang sangat meresahkan kita semua, bahkan kematian yang menjadi momok paling menakutkan sekaligus memilukan..... Maka memang bukan suatu hal yg mengherankan lagi, kalo melihat banyaknya terjadi bencana alam di seluruh dunia apalagi di negara kita sendiri...bisa fataL namanya..
Kalo saja kita ini mau merenung, sebenarnya ada apa sih dengan alam ini? koq ya bencana alam datangnya hampir berbarengan? fenomena apakah sebenarnya yang terjadi? tapi sepertinya tidak ada orang atau pemerintah yang perduli dengan kondisi ini. beranggapannya semua ini sudah seharusnya begini. semua ini gejala alam saja. lha, gejala alam bagaimana? wong hampir berbarengan koq kejadiannya.Tidakkah kita sebagai manusia ingin tahu ada apakah dibalik semua ini? apa sih penyebab semua ini bisa terjadi?. Sangat riskan kalo kita katakan bahwa datangnya bencana berawal karena alam marah sama kita.
Sedih.... pilu...itulah perasaan awal sy yang langsung muncul begitu melihat tayangan kesengsaraan saudara - saudara kita yang tertimpa musibah. hanya karena keserakahan segelintir orang yang rakus akan hasil alam!!!!! DIMANA NURANI DAN NASIONALISME KITA !!!!! apakah kita menunggu lebih banyak korban lagi??? Bayangkan yang menjadi korban, menjadi mayat adalah orang tua kita, saudara kita, keluarga kita.
Bencana alam itu terjadi karena ulah kita, ulah manusia sendiri...logikanya, manusia hidup di lingkungan...kita menerima segala sesuatu dari lingkungan..sedangkan kita merusak lingkungan yang sebenarnya merupakan segalanya bagi kita....lalu apa yang akan lingkungan beri untuk kita kalo kita merusak lingkungan?? ya pasti bencana alam khan!!
Sy ambil contoh yg gampang,,,hutan gundul akibat penebangan liar, lalu konsekuensi yang kita terima adalah bencana tanah longsor atau banjir..Truz asap pabrik yang tidak diolah , konsuensinya polusi udara dimana-mana dan secara tidak langsung bumi kehilangan lapisan atmosfer dan mulai memanas ato biasa kita sebut sebagai global warming. Lalu apa yg kita terima??? bencana alam dimana-mana, gempa bumi yang tidak diduga...tsunami...dan masih banyak lagi lainnya...
Dari buku yg pernah sy baca bahwa bumi dan langit pun bisa ikut menangis dan bersedih manakala ada orang shalih meninggal dunia.. sebagaimana bumi dan langit pun tersenyum, manakala yg meninggal adalah orang yg sering berbuat onar.
Sabda Nabi SAW, " Tak ada satupun manusia di alam ini kecuali ia mempunyai pintu di langit tempat turunnya rizki dan tempat naiknya amal-amal baik yang dilakukannya. Jika seorang mukmin meninggal, maka tertutuplah pintunya yg ada di langit yg menjadi tempat naiknya amal-amalnya serta tempat turunnya rizki untuknya. Lalu langit merasa kehilangan orang itu dan menangisinya. Sementara di bumi, di tempat shalat hamba Mukmin itu juga kehilangan orang yg biasa melakukan shalat, berzikir kepada Allah di atasya. Bumi pun menangisinya. Sesungguhnya kaum Fira'un tidak ada bekas kebaikan di bumi dari mereka. Tidak ada amal yg naik melalui langit dari mereka kepada Allah dari kebaikan, maka langit dan bumi tidak menangisi kepergian mereka."

Hmm.. bahkan langit dan bumi pun menangisi kepergiannya.. Harusnya jalan inilah yg kita pilih.. Semoga, amiiin.. yuk,sedikit lebih peduli dengan lingkungan...

nB :Lebih baik mulailah sejak dini untuk memPRIORITASkan lingkungan dibandingkan yang lain..lebihlah mencintai alam, mencintai lingkungan, bukan menodai lingkungan. Jadi ini sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita bersama. Jika sudah terlambat, kita gak tau apa yang akan terjadi...bencana alam??? mungkin lebih buruk lagi!!!!

Tidak ada komentar: