Selasa, 18 Desember 2007

Skripsi itu sulit?!! Ah, Mitos tuh!!!!!

Begitulah fenomena di kalangan mahasiswa dewasa ini. Begitu banyak rumor dan gosip2 seputar skripsi. Semakin banyak rumor yang berkembang, skripsi itu sulit, susah dan beresiko n bla..bla..bla, makin kuat angin ketakutan itu berhembus dan menerpa otak, pikiran, hati dan jiwa kita. Yang akhirnya, membuat kita tidak mempercayai diri kita sendiri. Bila kepercayaan itu telah hilang dari diri kita sendiri, maka habis sudah akar-akar kearifan dan kebijaksanaan pada diri kita!!. Kita harus arif dalam kata lain slalu percaya pada hati nurani dan kebenaran sebuah pemikiran yang berdasarkan wahyu ketuhanan. Dan slalu yakin bahwa kita mampu berbuat sesuatu yang terbaik, mandiri, tidak bergantung pada orang lain.
Kita harus bijaksana, artinya slalu memberi dan menerima kabar yang telah diketahui kebenaran sumbernya, bukan kabar atau berita yang datang tiba-tiba dan berasal dari sumber yang tidak jelas. Slalu percaya pada sebuah proses yang setelahnya menghasilkan pengalaman berharga.
Bila kita masih berpikir dan mengira bahwa skripsi itu sulit, susah dan beresiko, mengapa teman-teman kita bisa dengan mudah memenangi pertarungan, menaklukkan skripsinya? Mengapa orang-orang terdekat kita di kampus bisa berpisah dari kita, pulang ke kampung halaman dengan membawa ijazah, sementara kita masih bercokol dan berkeliaran di kampus? Mengapa teman yang kita anggap lebih bodoh dari kita dalam hal kemampuan akademik, mampu mendahului kita keluar dari kampus dan melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya, sementara kita masih menyibukkan diri dengan pergulatan psikologis, berjuang dengan keraguan diri. mana mungkin skripsi dapat ditaklukkan, sementara kita sibuk dengan menaklukkan kerugian dan ketakutan tiada tara. tidak salah kiranya saya katakan bahwa orang yang menganggap skripsi itu sulit adalah mitos belaka. Sebab, sudah banyak orang yang sukses, menaklukkan skripsi dan ia keluar sebage pemenang, bukan pecundang. Mungkin salah satu orang sukses itu adalah teman akrab kita.
Semua pertanyaan itu memiliki satu jawaban, bahwa kita sudah dikalahkan oleh pikiran kita. Apa yang selama ini kita dengar, lihat dan perhatikan telah memasukkan pikiran yang salah tentang skripsi, sehingga dalam bertindak pun kita akan ragu dan setengah hati. Orang yang bekerja setengah hati, tidak akan menghasilkan hasil yang sempurna. Ia akan mendapatkan hasil setengah hati pula. Ingat, berapa banyak orang yang kalah dan mati karena tidak bisa menaklukkan pikirannya. Sesungguhnya tidak ada baik atau buruk, menang atau kalah, sukses atau gagal, tetapi pikiranlah yang membuat demikian. Lawanlah pikiran negatif dari pikiran kita, mulai SEKARANG!!!!!!!!!!!!!!
Beruntung kita sebage manusia yang dikaruniai Allah SWT dengan segala kemampuan untuk tetap berusaha, berikhtiar dan berjuang, tidak menyerah begitu saja pada kondisi kehidupan di dunia ini. Karena itu teman, teruslah berusaha mengejar apa yang menjadi cita2 yang kita impikan. Sakit, lelah, capek, bosan, stress, bingung, cemas, khawatir memang dekat dan selalu menyertai perjuangan kita. Tetapi, bila kita sudah berada di puncak, semua pengorbanan dan rasa itu akan hilang dan pasti terbayarkan dengan kegembiraan tiada tara.
Ingat, kehidupan kita akan lebih baik kalau hidup dengan cara hidup pilihan kita, bukan hidup dengan cara hidup pilihan orang lain. Semua kendali berada di tangan kita.

Selamat nyusun skripsi,,bagi teman2 yang sedang menggarapnya...Semoga Suxes....Amiiiin Yaa Rabbal Alamin....

Tulisan ini saya persembahkan toek diriQu yang juga lagi nyusun skripsi nih _^, toek temen2 FKM UH Angktn 04, kanda2 senioR FKM (k' Abe, K'Janges jgn tinggal diam cepat kelarin tuh skripsi...lama amat sih...Cayoo!!!), SoHibQu di FK Unissula Semarang (Evelyn, suXes y Sist!! Cepet2 jadi dokter Eve euy..), Temen2 SMP n SMA yang lagi "ngecam" stuDy di ITB, UNPAD, UI (Gita, miz u mama hehehe), Paramadina, Univ Trisakti ('Ncus, moga lw baca blog gw ya...hegege) UNPAR Kalteng, ITN Malang (Dewi, sukses yak Planonya!!!!) dan speciaL bWd mY couZins K'Indah n K'Wa2n(,,,cepat maki k' udah 1 tahun berlalu, knp belum rampung?? jangan sampe sy yang duluan selesai, padahal kita paling senior nach...nach...) and alL mY fRiendS in Indonesian...Suxes 2 u All....KeeP SpiRit!!!!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam blogger! Selamat datang di komunitas blogger Makassar Angingmammiri.org. Accountnya sudah kami approve tuh :) Ditunggu postingannya dan perkenalannya di forum Tudang Sipulung yaaa.. Salam kenal! :)